Friday, July 8, 2011

Sebuah Hidayah dari Allah Untuk Beralih ke FOSS

Assalamualaikum Wr.Wb. Hari ini saya akan menceritakan sesuatu tentang pengalaman hidup saya .

Sebenarnya , aku mengenal FOSS sudah lama sekali. Aku mengenalnya pertama kali pada waktu kelas 1 SMP. Saat itu aku masih belum bisa apa-apa dan bahkan hanya bisa di bilang anak Pemula yang baru memegang komputer apa lagi Laptop. Dan juga saat pertama kali aku dibelikan Laptop oleh ayahku, lagi-lagi aku pun menggunakannya dengan gaptek mode on. Ngomong-ngomong soal gaptek aku masih ingat saja dengan masa pertama ku bertemu dengan Komputer. Saat aku masih kelas 4, ada Jam Pelajaran TIK. aku masih ingat betul pertama kali aku menyalakan Komputer. Jadi pada saat aku dan temanku menyalakan komputer, aku tidak mengetahui kalau komputer tersebut harus dinyalakan dahulu Power Supply supaya komputer bisa menyala. Lalu lama berselang Komputer yang aku pakai bersama teman ku pun dinyalakan oleh guru TIK ku saat itu. duuh... malu nya jadi orang gaptek. 
Cerita pun berlanjut ketika aku dan temanku bermain - main dengan mouse. ha...ha... aku pun juga masih ingat sekali betapa kagumnya aku melihat Windows 2000 yang aku kendalikan saat itu cursornya bisa bergerak karena aku gerakkan memakai mouse. Qikqikqik . . . . Terlalu . . . . sampai-sampai aku pun berebut mouse tersebut hanya karena ingin menggerakkan mouse. Sungguh memalukan . . . Qikqikqik . . . . .

Back to the Topic :

Jadi saat itupun aku sering di bohongi sama service komputer tentang harga sebuah jasa installasi software yang ternyata itu bukanlah software asli, melainkan BAJAKAN . Lama berselang, aku pun berlangganan Internet Rumahan di sebuah perusahaan terkemuka. Dan disaat itulah aku pun gemar sekali untuk mengoleksi Software-software BAJAKAN.


SOFTWARE BAJAKAN PILHANKU !

Benar ...... itulah kata-kata yang sering aku lontarkan saat aku masih duduk di bangku kelas 1 SMP. Salah satu alasan mengapa aku sampai menggunakan software bajakan karena banyak sekali anak-anak yang menggunakan software bajakan. Bahkan bukan rahasia lagi bahwa hampir setiap orang menggunakan software tersebut. so, aku pun sering melakukan surfing di MBAH GOOGLE untuk meminta jampi-jampi supaya saya mendapatkan software yang saya inginkan.
Setelah berselang lama, tanpa ku sadari Laptopku pun menjadi Peternakan Virus karena terlalu banyaknya Virus , Laptopku Menjadi Sering Hang . . . . .

HIDAYAH YANG TAK TERKIRA !


Hidayah ?? Sebenarnya sih ini seperti tidak keberuntungan buatku.....
Namun, dari kejadian itu, sepertinya aku mendapatkan Hidayah dari Allah Untuk Memakai FOSS . Mengapa Bisa begitu ?
Begini ceritanya . . . . .

1. Hancurnya Laptop Secara Tidak Masuk Akal

Mungkin anda berpendapat bahwa cerita saya ini hanyalah bergurau . . Namun ini merupakan kejadian yang benar adanya. Karena saat saya ber internetria di ruang tamu, lalu aku pun disuruh untuk membawa kayu yang sudah dipotong menjadi persegi panjang, lalu karena berat sekali, aku pun menaruh nya di ruang tamu dengan cara di berdirikan agak miring supaya tidak jatuh . Namun, celakanya disamping Kayu tersebut terdapat Laptopku yang masih Menyala . . . dan ketika kayu itu ambruk . . . . Daarrr. . . . . Laptop ku yang berisi ratusan software pun tinggal sejarah . . . . .

2. DVD Mikocok Tergores Parah

Kisah ini bermula ketika aku memasuki Kelas 2 SMP. Ada seorang teman sekelas ku yang ingin di installkan Mikocok Oleh ku. Namun setelah aku Installkan . DVD ku pun di bawanya. setelah berminggu-minggu, dia pun membawa DVD Mikocok ku dengan kondisi yang sungguh memprihatinkan. Terlalu . . . . . Alhasil, DVD itu pun tidak bisa terbaca . . . .

3. DVD Software Hancur Menjadi 2

Kesialanku pun berlanjut ketika aku selesai membantu orang meng-installkan software di dalam laptopnya . . . . Secara terburu-buru , aku pun meletakkan DVD ku di antara buku-buku besar yang aku bawa sewaktu sekolah . . . . .
So . . . . . Entah bagaimana kejadiannya . . . Setelah aku Cek... Ternyata DVD ku terbelah menjadi 2 Alias Poklek.

Dari beberapa kejadian itulah saya kemudian berinisiatif untuk migrasi ke Si Pinguin . . . LINUX


4. Lucid Pacar Pertama Komputerku

Ubuntu 10.04 Lucid, Yup itulah pasangan pertama buat komputerku . . . . .
Dan Jujur ketika baru pertama kali melakukan installasi pada Komputer ku . . . .
Aku mengalami suatu kendala dikarenakan proses installasi yang berbeda dengan si Windows . Namun , setelah menuju ke Mbah Google , dan menggunakan mantra "Mbah Google,,,, Mbah Google ,,,," , Akhirnya saya pun menemukan cara meng install Ubuntu pada Harddisk, yaitu dengan mengganti System pada harddisk menjadi ext4 . . . .
Dan sejak saat itulah aku sudah menggandringi OS Open Source ini . . . .

5. Sulit nya Mengajak Orang Lain untuk Memakai Linux

Sulit dan Ribet . . .
Itulah kata-kata yang selalu aku dengar ketika mengajak seseorang untuk memakai Linux. Entah dengan cara apa lagi aku harus meyakinkan teman-teman ku untuk memakai Linux. Supaya mereka sadar akan penting nya software open source demi kemajuan Indonesia. Selain itu Linux kan aman dari virus-virus windows yang sedang berkeliaran saat ini seperti Ramnit dkk.

6. Bebas Virus Mikocok, tampilan memukau, dan HALAL. Itulah alasanku 

Iya, bebas Virus. Inilah salah satu alasan mengapa saya senang menggunakan linux. karena unggul dalam hal ini, Laptop ku sering di gunakan sebagai Si Dokter Virus Flashdisk. Dengan menghapus folder, recycler,autorun.inf dan juga file ber ekstensi .ink ( virus shortcut) Laptop si pemakai pun aman virus sekarang ( kecuali kalau dicolokin ke PC yang terjangsing virus :P)
Selain itu, Menggunakan FOSS juga merupakan kebanggaan sendiri karena dengan menggunakan software FOSS kita terbebas dari belenggu pembajakan yang sering sekali mengikat kita. dan yang terakhir , tentunya karena linux mempunyai efek compiz yang selain ringan, juga memiliki tampilan yang super memukau. sehingga dengan begitu dapat menarik perhatian teman-teman saya untuk menggunakan linux.

7. Linux membuatku semakin nyaman menggunakan PC ku

Linux telah memberikan ku kebebasan yang belum ku raih pada saat itu . yaitu kebebasan untuk meng "oprek" semau kita, sesuka hati kita. dan berawal dari hobi ini , alhamdulillah saya berhasil menerbitkan sebuah remasteran yang bernama Linux ROnggolawe.yang mana telah mencapai versinya ke 1.2 dan sedang dalam pengembangan menuju versi 1.3. tujuan nya tak lain adalah mengenalkan linux pada kota tuban, lingkungan sekolah, dan pada negeri kita tercinta. Indonesia. Dan Alhamdulillah, linux juga dapat menunjang sekolah ku yang selain berwasasan global, juga berlandaskan dengan iman dan taqwa. dan tugas - tugas pun alhamdulillah sudah hampir semua nya saya kerjakan dengan linux. Mulai dari mencari ayat-ayat alquran dengan zekr, mengerjakan tugas dengan libre office, sampai mengedit foto dengan GIMP. meskipun dengan kualitas hasil editan yang buruk. hehe ( kecuali kalau guru ane maksa presentasi. kalau gak formatnya pptx ndak mau )


Nah, itu dia kisah mengenai Asal Mula aku beralih ke FOSS. Kalau ini ceritaku , Lalu apa ceritamu ??

4 comments:

kebanyakan kata "yupz" bos. . . .
jadinya rada nggak nyaman dibaca. . .
but, nice blog. . .

ahahayy .... betul juga saran ente . . . . .
terima kasih atas kripik dan sarannya

cirikas ali kata YUP mungkin??

^_^

#Dinar dirta

bagus bro story nya. kalau aneh gak ada gapteknya, biasa aja waktu beralih ke linux, karena waktu itu ditempat kuliah semester pertama di ajarkan linux. mainnya internet, jadi disuruh buka browserm, mudah sekali, kalau untuk oprek dan lain2 dulu belum bisa, tapi sekarang bisa la. karena mbah google gitu.

Post a Comment

Jangan Malu-Malu ya.... untuk bercomment and Request apa aja, insya Allah juga pasti diberi kok......

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More